5 Kegiatan Bermanfaat Saat Menganggur

Kegiatan Saat Menganggur - Persaingan dunia kerja yang semakin ketat adakalanya akan membuat seseorang mengalami hal yang disebut dengan 'nganggur'. Banyak faktor yang membuat orang menganggur; pilihan atau memang belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang passion sendiri.

Bagi sebagian orang, saat menganggur adalah saat yang paling membosankan dan akan terasa 'terjepit' secara finansial dan juga moral kepada orang sekitar. Banyak orang kemudian lantas mengalami stress ringan karena tekanan tersebut.

Jika saat ini Anda sedang menganggur, ada baiknya melakukan hal-hal yang nantinya akan menunjang serta membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda idamkan.
ilustrasi: kegiatan saat menganggur
Nah, silahkan simak beberapa kegiatan yang akan bermanfaat saat menganggur dibawah ini:

1. Networking
Tetaplah jalin hubungan baik dengan teman-teman lama, teman sekolah atau kuliah, dosen juga rekan kerja di kantor lama. Dengan melakukan networking, akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

2. Kerja Freelance
Kegiatan lainnya yang menguntungkan saat Anda sedang nganggur yaitu dengan kerja freelance. Bekerja paruh waktu ini bisa membantu meningkatkan kemampuan dan pengalaman, serta tentunya penghasilan. Jadi saat Anda melamar pekerjaan di tempat baru, Anda tidak terlihat seperti seorang pengangguran yang malas-malasan.

3. Menjadi Sukarelawan
Dengan menjadi sukarelawan dan bekerja untuk amal, tak hanya bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga, tapi Anda juga bisa mengembangkan kemampuan. Selain itu, Anda pun dapat berkenalan dengan orang baru, menjalin networking dan dari pengalaman itu, bisa memberikan nilai plus di curriculum vitae Anda. Banyak cara untuk menjadi sukarelawan, seperti bergabung dalam organisasi non-profit yang bergerak di bidang lingkungan, pendidikan maupun kesehatan.

4. Kembangkan Keahlian
Daripada bingung mau melakukan apa saat masih menganggur, akan lebih baik bila Anda mencoba untuk mengembangkan lagi keahlian yang dimiliki. Misalnya mengikuti pelatihan, kursus maupun seminar. Coba juga ikut program beasiswa untuk short courses di luar negeri.

5. Buat Identitas Online
Manfaatkanlah media sosial yang ada dan ciptakanlah identitas online Anda. Misalnya membuat resume  CV di Linkedin dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa dicari oleh para pencari kerja.

6. Melakukan Hal Baru
Lakukan dan kerjakan sesuatu hal yang diluar kebiasaan Anda. Misalnya saja jika anda seorang akuntan, coba melakukan kegiatan seperti menggambar dan desain. Hal ini akan memacu anda kemudian tetap kreatif dan jauh dari rasa sedih serta akan menantang Anda untuk melakukan sesuatu hal yang baru.

Semua kegiatan bermanfaat saat menganggur diatas bisa anda kolaborasi dan bahkan anda tambahkan sesuai dengan 'ide gila' baru yang anda dapatkan. Pernah berpikiran untuk menulis sesuatu di notes facebook? Ujilah nyali anda untuk melakukannya. Beberapa komentar dari teman facebook anda akan kembali membuat pikiran lebih fresh dan bahagia. Silahkan dicoba.
Share:
""""

0 comments:

Post a Comment